Cara Sukses di Bisnis Interior, dengan Menentukan Target Market

Sebelum memulai bisnis interior perlu Anda ketahui bahwa pentingnya sebuah mindset. Cara berpikir dan mengetahui plus dan minusnya. Seperti ibaratnya bagaimana Anda memasuki di sebuah segmen market. 

Anda harus memahami Anda akan bermain di target market menengah bawah atau menengah atas. Anda juga perlu memahami dengan sungguh-sungguh plus minusnya, untung ruginya, bahkan keunggulan dan kekurangan. Jika Anda tidak memahami posisi itu maka akan terjadi sebuah problem.

Ketika Anda bermain di segmen menengah bawah keunggulan yang perlu Anda ketahui yaitu :


1. Segmen menengah bawah memiliki market yang sangat luas dan jumlah orderan atau permintaan sangat banyak sekali. Contoh market store atau outlet sudah pasti akan melakukan renewal atau pembaruan, Seperti yang ada di mall itu setiap toko, setiap store-store yang ada dan pada saat itu semuanya pasti membutuhkan jasa desain interior dan itu jumlahnya ada ribuan di Indonesia.


2. Bukan berarti tidak ada sisi negatifnya. Ketika Anda bermain di area ini maka Anda harus mempersiapkan dengan tim yang cukup kuat. Karena setiap pekerjaan masing-masing mempunyai deadline dan itu bisa menjadi masalah besar untuk para pengusaha di bidang interior yang segmen menengah bawah ini. Anda perlu mewaspadai dan mempersiapkan pekerja tim yang banyak dan kuat. Hal yang paling penting   


3. Anda juga harus tahu market ini mempunyai tipe pembayaran tidak tepat waktu (mundur), tidak berdasarkan dengan termin. Jadi Anda mempunyai modal yang cukup. Seperti Mall, tenant-tenant, apartment 1 tower bisa sampai ratusan unit. 


Jika Anda bermain di level menengah bawah, dan Anda mengisi di level rumah tinggal. Orang-orang akan mendambakan keindahan, menginginkan satu impian mereka untuk bisa terealisasikan dengan budget yang mereka miliki. Di sini akan muncul sedikit problem. Kenapa? Karena Anda tidak mungkin bisa menciptakan, meng-create sebuah interior dengan kualitas yang istimewa apabila budget untuk bahan baku serta budget untuk tukang kerja itu murah.

Ketika Anda sudah terbiasa untuk bermain di segmen menengah bawah. Maka budaya kerja yang terjadi di segmen menengah bawah ini akan masuk ke dalam tim Anda. Tim Anda akan terbiasa untuk bekerja dengan standar yang sudah dibuat. Ketika Anda mendapatkan satu proyek dengan grid yang premium, harga yang permium, maka tidak serta-merta tim Anda bisa berubah langsung menjadi premium kualitasnya. 


Oleh karena itu dalam bisnis interior, menentukan target market yang tepat adalah kunci sukses. Ketika Anda sudah mengetahui segmen konsumen yang ingin Anda jangkau serta kebutuhan konsumen, Anda dapat menyusun rencana bisnis yang lebih sukses dan lebih efektif dalam membangun brand bisnis interior Anda.


Contact Us For More Information





Seberapa Penting Quality Control dalam Interior.
WhatsApp